QCC MODERN
Oleh : Boedi Iswantoro ( Koordinator Stearing Committee
QCC PT Gajah Tunggal Tbk.Plant BHI )
Dengan semakin ketatnya persaingan di dunia
industri, khususnya dibidang Automotif, maka perlu kiranya dibutuhkan suatu
tindakan yang nyata. Dimana tindakan yang nyata ini tidak bisa hanya beberapa
orang saja, tapi harus melibatkan semua elemen yang ada di suatu dunia industri
dalam hal ini perusahaan PT. Gajah Tunggal Tbk.
Kegiatan atau tindakan yang bisa melibatkan dari
semua unsur salah satunya adalah Quality Control Circle (QCC). QCC bukan hal
yang baru di PT Gajah Tunggal Tbk. khususnya & Manufactur pada umumnya. Bahkan reputasi QCC dalam PT
Gajah Tunggal Tbk. di akhir tahun 1980-an sudah mendapatkan penghargaan dari
IRC – Jepang.
Definisi QCC
adalah sekelompok pekerja yang sama dalam satu departement yang melakukan
Action / tindakan untuk memecahkan
masalah dengan suatu methode
yang teratur dan berkesinambungan ( terus menerus ).Karena sifatnya yang
teratur dan berkesinambungan maka QCC jelas dibutuhkan bagi perusahaan maupun
bagi pekerja guna menjaga perusahaan tetap berlangsung dengan baik.
Tujuan Aktifitas QCC adalah :
-
Untuk meningkatkan
kualitas SDM secara mandiri , dari semua level yang ada di perusahaan .
-
Menciptakan Team Work
yang bagus , karena QCC mengutamakan
kerja sama dari team , dan selalu melibatkan setiap anggota yang
tergabung dalam QCC.
-
Menciptakan kondisi
kerja yang menyenangkan , karena setiap team merasa diberi kepercayaan untuk
terlibat langsung dalam menyelesaikan masalah di departemennya.
-
Untuk meningkatkan daya
saing perusahaan.
-
Kepuasan pelanggan /
Customer.
Bersyukur sekali perusahaan kita mendapatkan dukungan
yang sangat luar biasa dari Management, sehingga QCC bisa berAktifitas kembali
di Perusahaan yang kita cintai. Unutk menjalankan Aktifitas QCC ini perlu
adanya komitmen yang sangat kuat dari seluruh Department, baik dari level
Management sampai dengan level Lini Proses yang paling bawah. Berikut Flow
Aktifitas QCC, supaya bisa berjalan dengan baik dan terkontrol.
e
AktivitaAs
Kick Off / Komitmen
-
Hal ini tentu saja sangat menentukan apakah QCC bisa
berjalan dengan baik atau tidak. Mr. LinJong Jeng turun tangan langsung pada
saat Kick Off QCC, yang diselenggarakan
pada tanggal 6 Desember 2013. Dan terbukti dengan komitmen yang kuat,
Alhamdulillah QCC sudah berjalan 3 periode sampai dengan saat ini.
Pembentukan
Struktur Organisasi
-
Untuk mengarahkan, mengontrol, meng-edukasi, membina,
serta memberikan motivasi kepada Circle maka perlu dibentuk Stearing Committee
QCC.
-
Stearing Committee QCC 2014 – 2019 PT Gajah Tunggal Tbk.,
Plant BHI sbb :
o
Advisor :
Lin Jong Jeng
o
Ketua :
Yang Po Wen
o
Sekjen :
Harjono
o
Koordinator :
Boedi Iswantoro
o
Juri :
M Ali, Petrus HP
o
Fasilitator :
Yulfahmi, Ono Suharna, Jaya Nusa, Alfairus, M Ganifwan, Ombi Romli, Wahyudi
o
Officer :
Asep Yanyan, Sendi
Training QCC
-
Semua Circle yang ada dari Fasilitator sampai dengan
anggota harus di training kembali, Apa itu QCC ?, Apa itu DELTA ? ( Delapan
Langkah Tujuh Alat ). Hal ini sangat perlu supaya Teknik – teknik ber QCC
berjalan pada jalur atau aturan – aturan yang sudah ditentukan.
Pendaftaran QCC
-
Circle yang akan ber aktifitas harus mendaftarkan diri ke
Komite QCC. Yang di dalamnya ada Struktur Organisasi, Judul Thema, Area QCC,
Thema yang ke berapa ?,
-
Jumlah peserta QCC, setiap periodenya bervariasi. Pada
periode 1 ada 17 Circle, periode 2 ada 30 Circle, periode 3 ada 30 Circle.
Aktifitas QCC
-
Dalam ber Aktifitas QCC ini ada 3 tahapan yang sangat
penting, yaitu :
o
Implementasi : Circle harus meng
Implementasikan dilapangan apa yang sudah di QCC kan.
o
Konsultasi : Circle bisa berkonsultasi dengan Komite QCC, apakah yang
sedang di kerjakan sudah benar atau salah ?
o
Publikasi / Bendera : Supaya QCC bisa
berjalan dengan efektif dan harus diketahui oleh pekerja yang ada di area QCC,
maka harus ada media untuk mem publikasikan Aktifitas QCC.
Verifikasi
-
Stearing Committee QCC akan memverifikasi setiap Circle,
guna menentukan apakah sudah naik STEP atau tidak. Verivikasi ini bisa
dilakukan mingguan atau bulanan, tergantung masing - masing Circle.
-
Team Verifikasi selalu memberikan arahan atau masukan
kepada Circle yang sifatnya membangun.
Genba Juri
-
Setelah masing – masing Circle sudah berjalan sampai
dengan STEP 6, yaitu Rencana Penanggulangan, Team Juri akan Genba atau melihat
langsung Obyek QCC. Bobot dari penilaian Genba ini sebesar 85 %. Jadi QCC ini
memang yang dipentingkan adalah fakta yang ada di lapangan
Konvensi /
Presentasi
-
Setiap Circle diberikan kesempatan untuk mem Presentasi
kan hasil QCC nya atau hasil Karya Ilmiah nya. Dalam Presentasi setiap Circle
bisa menampilkan ke kompakan nya, Alat Peraga, Yel – yel, Dan yang pasti
berusaha meyakinkan Team Juri bahwa hasil QCC nya adalah yang terbaik. Bobot
dari penilaian Presentasi ini sebesar 15 %.
Reward /
Penghargaan
-
Setiap Circle akan diberikan Reward / Penghargaan sebagai
pemicu untuk selalu berkarya dalam tempat kerjanya masing – masing.
-
Pada Periode 1 sebagai juaranya adalah Circle MIGAS ( Memaksimalkan Ide & Gagasan ),
dari Dept. Curing Tube, Plant B, dengan thema “ Menurunkan Defect Tube “
Lateral Crease “ sebesar 30 % “.
-
Pada Periode 2 sebagai juaranya Adalah Circle Kreatif ( Kerja Penuh “ Kreasi, Aktif, Efisiensi,
Efektif “ ), dari Dept. Curing Tire, Plant H, dengan Thema “ Efisinsi
Penggantian Bladder Baru ”.
-
Untuk Periode 3, sampai dengan saat ini masih
berlangsung.
Next QCC / Thema
Berikut nya
-
Karena sifat QCC adalah Teratur & Berkesinambungan,
maka Thema berikutnya akan ada terus, atau dengan kata lain Continuous
Improvement. Karena masih sangat banyak disekitar area tempat kerja kita yang
bisa diselamatkan. Dalam terminologi bahasa Jepang ada istilah Muda-Mura-Muri
yang inti dasarnya adalah banyak sekali Pemborosan – Pemborosan
baik Methode kerja, Material, Mesin, dll, yang butuh Kreatifitas secara ilmiah
untuk menanganinya.
Demikian paparan singkat mengenai aktifitas QCC, semoga bisa bermanfaat
untuk kita semua, khususnya perusahaan yang kita cintai PT Gajah Tunggal TBK.
Selamat ber – QCC.
Josss
BalasHapusThanks penilaianya abank Abdul
HapusMantap jiwa.....
BalasHapusMuantap... jasa eeuuyy
BalasHapusEh pak budi....
BalasHapus